Thursday

Kendalikan Kebiasaan ngemil Anda

Kelebihan berat badan tidaklah muncul begitu saja dalam semalam, tetapi melalui proses yang lambat. Selama berminggu-minggu, berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun, tubuh tumbuh secara proporsional sejalan dengan kebiasaan gaya hidup yang konsisten.

- Tidak melakukan olahraga atau aktivitas secara teratur.
Bila tubuh tambah besar, semakin banyak energi yang diperlukan untuk bergerak. Ada banyak alasan untuk tidak melakukan olahraga. Waktu kerja yang panjang, terlambat makan, sofa yang nyaman.


- Salah pilih makanan untuk menjaga kesehatan.
Kita semua tahu apa yang seharusnya tidak kita makan. Kita mendapat peringatan setiap hari dari media massa maupun televisi. Yang memberikan informasi kepada kita makanan mana yang sehat dan makanan mana yang dapat merugikan kesehatan kita. Masalah utamanya adalah makanan “buruk” rasanya lebih enak daripada makanan “baik”! Makanan tidak sehat banyak tersedia dan menggoda. Saat pergi berbelanja rasanya burger atau keripik bisa mengusir rasa lapar. Terlambat makan siang rasanya ingin ngemil coklat. Juga saat-saat dimana kita sedang bosan. Selalu merasa perut perlu diisi dengan cemilan.

- Makan lebih banyak daripada yang dibutuhkan tubuh untuk pembakaran.
Apa saja yang tidak segera diperlukan oleh tubuh akan disimpan untuk digunakan diwaktu kemudian. Namun bila ini berlangsung lama, maka lingkar pinggang kita akan terasa semakin lebar.

Bagaimana menanggapi rasa lapar dengan benar?
Awali hari Anda dengan sarapan secukupnya. Makan siang untuk mengisi bahan bakar untuk kegiatan di siang hari dan akhirnya makan malam yang ringan untuk memastikan sistem pencernaan Anda tidak perlu bekerja keras selama jam tidur Anda. Namun bagaimana dengan cemilan diantara waktu makan? Sebaiknya Anda gantikan dengan buah atau sayuran segar dan mengkonsumsi sedikit mungkin garam, gula maupun bahan kimiawi dalam makanan Anda. Hal ini dapat menghindari Anda dari berat badan yang berlebih maupun penyakit yang akan timbul pada jangka panjang.

Berikan tubuh Anda apa yang dibutuhkannya…
Rasa lapar adalah cara tubuh untuk mengatasi gizi yang sudah habis terpakai dan perlu diisi ulang. Namun sayangnya kita tidak pernah mengerti tanda-tanda tersebut dengan jelas. Seperti diperlukannya tambahan kalsium, vitamin C dll…! Akibatnya timbullah rasa lapar dan perasaan perut kososng yang membuat kita ingin makan apa saja. Masalah kesehatan timbul bila kita menanggapi rasa lapar itu dengan memilih makanan yang buruk.

Apa itu cemilan yang “sehat”?
Idealnya cemilan yang sehat mengandung sedikit atau tanpa gula, sedikit atau tanpa garam, tanpa tepung putih, dan sedikit atau tanpa lemak jenuh. Saat Anda memilih cemilan ingatlah selalu untuk membaca daftar ramuan pada label makanan. Pilihlah produk yang mengandung bahan ramuan alami.

Cemilan apa yang harus Anda hindari ?
Mayoritas cemilan! Cemilan siap saji dengan bahan kimia berteknologi tinggi yang membuat rasanya makin enak dan aromanya mengundang selera, yang membuat Anda terus menerus menginginkannya. Cemilan tersebut juga mengandung gula, garam, tepung, lemak dan zat tambahan yang tidak dikehendaki. Tubuh Anda sebenarnya tidak memerlukan junk food seperti ini!

Cemilan yang Sempurna.
Jika Anda ingin mencoba memperbaiki kebiasaan ngemil Anda. Formula 1* merupakan solusi yang tepat. Ini adalah makanan cepat saji paling mutakhir. Mudah diserap tubuh dan menyediakan protein, karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang seimbang, untuk memastikan tubuh Anda mendapat nutrisi yang diperlukan untuk mencapai kinerja yang optimal. Mengendalikan kebiasaan ngemil adalah mudah. Terutama bila Anda telah memiliki senjata paling ampuh yaitu Formula 1.

No comments: